internet marketing

Internet Marketing adalah strategi pemasaran produk atau jasa yang dipasarkan melalui media internet. Seiring dengan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (Information Technology) yang tidak dapat dapat dipungkiri lagi saat ini telah menjadi bagian yang sangat penting dalam semua aspek kehidupan. Sebagai ide dan gagasan yang belum terjamah banyak orang, strategi Internet Marketing ini memiliki potensi yang sangat besar dan luar biasa untuk perusahaan dalam rangka mempromosikan serta memasarkan produknya
Dapat kita lihat memang 80% lembaga-lembaga atau perusahaan-perusahaan membuat website sebagai display company profilelembaga atau perusahaan mereka. Sayangnya, kebanyakan website tersebut hanya dijadikan pajangan atau sekedar wadah pengeksistensian lembaga atau perusahaan mereka di dunia maya. Mereka tidak mengoptimalkan potensi marketing yang sangat luar biasa yang ada di media internet. Sangat disayangkan apabila pesatnya perkembangan teknologi informasi ini beserta kemudahan yang ditawarkan tidak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk mensosialisasikan sekaligus memasarkan produknya.
Kian besarnya pertumbuhan pasar di internet menuntut perusahaan atau lembaga manapun untuk tidak lagi memandang sebelah mata sebuah media komunikasi massa yang satu ini. Internet yang telah menyebabkan pergeseran paradigma marketing dari mass marketingke targeted marketing dan dari customer satisfaction ke customer relationship, jadi sudah sepatutnya Internet Marketing menjadi salah satu acuan pengembangan strategi marketing  dalam rangka mempromosikan serta memasarkan produk jika tidak ingin mati dan tergilas pasar global.
Strategi Internet Marketing ini akan membawa manfaat yang sangat besar bagi perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan. Melalui strategi Internet Marketing ini, suatu perusahaan dapat mempromosikan dan memasarkan produknya ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia dengan 1 klik saja.
Kenapa suatu perusahaan harus menggunakan internet marketing untuk mempromosikan serta memasarkan produknya ?
  • Biaya Rendah Dengan Hasil Luar Biasa
Dengan melalui media internet kita bisa melakukan strategi Marketing dengan biaya yang sangat rendah dibandingkan dengan kebutuhan biaya yang harus dikeluarkan bila kita melakukan strategi Marketing melalui Offline.
  • Tidak Terbatas Ruang
Dengan melalui internet kita tidak hanya mempromosikan atau memasarkan produk kita ke satu wilayah saja, melainkan ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia hanya dengan sekali klik saja. Bayangkan bila kita harus menyebarkan flyer dan brosur ke seluruh Indonesia, pasti kita akan membutuhkan alat transportasi, biaya, waktu, karena kita terbatas ruang.
  • Tidak Terbatas Waktu
Dengan melalui internet kita tidak hanya mempromosikan atau memasarkan produk kita ke satu wilayah saja, melainkan ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia hanya dengan sekali klik saja. Bayangkan bila kita harus menyebarkan flyer dan brosur ke seluruh Indonesia, pasti kita akan membutuhkan alat transportasi, biaya, waktu, karena kita terbatas ruang.
  • Dalam Genggaman
Internet sekarang sudah bukan sesuatu yang tabu, bahkan pada saat ini internet sudah menjadi satu kebutuhan manusia untuk mendukung kehidupannya dalam aspek informasi dan komunikasi, terbukti dengan fakta yang ada di lapangan hampir semua telepon genggam atau Handphone bisa mengakses internet, pihak provider pun sudah memberikan paket-paket internet mulai dari yang murah hingga yang komplit, agar customer bisa menikmati semua informasi yang aktual hanya lewat telepon genggam, tidak perlu repot cari computer bila ingin mencari sesuatu. Artinya saat ini, semua kebutuhan informasi kini berada dalam setiap genggaman manusia.
  • Opini Publik
Dengan Internet sebuah produk cukup disajikan dalam bentuk teks, visual, audio dan video, maka dari itu kita bisa menampilkan cerita-cerita, gambar maupun video hebat untuk membangun Opini Publik agar punya pencitraan yang baik bagi customer namun kita harus jujur dalam hal ini, tidak boleh menambahkan apa yang kita tidak punya, agar kita mendapat kepercayaan dari customer.
  • Branding Image
Semakin dinamis sebuah internet (websites) semakin update cerita yang mau di bagi ke customer, maka secara tidak langsung kita memberikan hipnotis kepada mereka (customer) agar selalu menyebut nama atau merk produk kita, sehingga produk kita bisa menempel di pikiran mereka dan mengubah keputusan mereka untuk memilih, contoh : kenapa bila kita mau membeli air mineral di sebuah toko kita selalu menyebut AQUA?, Itu karena sudah ter-Branding di pikiran kita, dengan internet kita juga bisa seperti itu, setiap hari, jam, menit bahkan detik kita masukkan secara perlahan kedalam pikiran mereka.
Demikian gambaran secara global Konsep Internet Marketing ini dibuat untuk memberikan pemahaman yang lebih luas terhadap Internet Marketing,  yang merupakan salah satu metode Marketing yang mempunyai potensi sangat luar biasa dan belum terjamah banyak orang dalam rangka mempromosikan serta memasarkan produk suatu perusahaan maupun lembaga pendidikan. Dan kami sangat berharap konsep Internet Marketing ini menjadi solusi bagi perusahaan-perusahaan dalam menghadapi pasar yang penuh dengan persaingan, dan tentu saja inovasi kedepannya dapat terus dipergunakan demi tercapainya target achievement yang lebih baik lagi dari hari ke hari.

Sumber : http://creativopus.com/potensi-internet-marketing-bagi-perusahaan/