internet marketing

Website merupakan salah satu media yang sangat cocok sebagai media untuk memperkenalkan atau mempromosikan serta memasarkan produk kepada masyarakat luas melalui media online. Didalam sebuah website, sebuah perusahaan dapat menyajikankan informasi secara detail mengenai profil perusahaan maupun produknya.
Bila dalam pemasaran suatu produk kita melakukan iklan di media cetak seperti koran/majalah, brosur, papan reklame, spanduk, dan lain sebagainya pasti dibatasi karena tempat atau space yang disediakan terbatas dan pastinya sangat tidak mudah untuk di ubah atau di edit informasinya, sangat berbanding terbalik dengan apa yang kita lakukan dalam memasarkan produk di dalam website. Untuk itu, Website merupakan media yang tepat bagi sebuah perusahaan untuk mempromosikan serta memasarkan produk.
  • Infrastruktur
Untuk mendukung Internet Marketing, perlu adanya infrastruktur yang memadai seperti komputer (PC), akses internet, server yang aman dari kegiatan hacker serta didukung oleh admin-admin yang berpengalaman, dan lain sebagainya.
  • Optimalisasi
Internet Marketing tanpa optimalisasi bagai sayur tanpa garam, karena tidak akan menuai hasil sesuai harapan, karena kita tidak total dalam melakukan semua aspek yang bisa menjadi nilai prestasi dalam Internet Marketing, optimalisasi tersebut adalah sebagai berikut :
  1. SEO (Search Engine Optimazation)
    SEO adalah salah satu teknik agar Mesin Pencari (Search Engine) seperti Google, Yahoo, dan lain-lain dapat mendeteksi atau menemukan Website yang kita buat, karena rata-rata pengguna internet tidak semuanya langsung menuju ke sebuah alamat website, tetapi melalui Mesin Pencari dengan metode pengetikan keyword atau kata kunci. Rata-rata pengguna internet selalu mengetik kata atau kalimat yang mereka cari di dalam Search Engine.
  2. Blog Network
    Blog Network adalah salah satu strategi untuk mendukung serta mengoptimalkan website utama dengan cara membuat beberapa blog yang saling berhubungan atau berkaitan, tujuan utamanya adalah pengalihan dari blog network ke website utama yang akan menghasilkan backlink dan ini sangat berperan penting dalam mendukung website utama (primary web) dalam pendeteksian website di Mesin Pencari (Search Engine).
  3. PPC (Pay per Click)
    PPC adalah metode periklanan di media internet melalui website yang berarti pemilik website akan dibayar atas setiap klik pengunjung pada link iklan yang terpasang di website miliknya. Contohnya adalah layanan PPC Facebook Ads dan Google Ads.Artinya, jika kita memasang link alamat website sebuah perusahaan di dalam kolom iklan Facebook atau Google, maka kita wajib membayar kepada Facebook atau Google sejumlah biaya berdasarkan perhitungan jumlah klik pengunjung pada link alamat website perusahaan tersebut sesuai dengan biaya yang sudah ditentukan oleh pihak Facebook maupun pihak Google.
  4. Social Media
    Social Media adalah sebuah media online yang para penggunanya dengan mudah dapat menjalin hubungan, saling berpartisipasi dan saling berbagi. website Social Media yang saat ini paling banyak di gunakan oleh pengguna internet di Indonesia adalah Facebook dan Twitter. Fakta yang ada, sebanyak 50.876.000 penduduk Indonesia yang menggunakan Facebook, sedangkan pengguna Twitter di Indonesia mencapai 19.500.000 orang.
  5. Email (Electronik Mail)
    Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui media internet, selain itu email menjadi salah satu sarana komunikasi yang utama saat ini melalui internet. Hampir dipastikan seluruh pengguna internet mempunyai paling sedikit 2 email, karena saat ini banyak sekali web forum atau web social yang mengharuskan pengunjungnya yang mendaftar menjadi member harus mempunyai email sebagai salah satu persyaratan agar dapat bergabung.Selain alasan diatas, pada zaman sekarang ini juga bisa dikatakan email menjadi satu kebutuhan pokok para pengguna internet, selain sebagai salah satu media komunikasi, email juga juga sudah dimanfaatkan oleh sebagian perusahaan sebagai sarana pengiriman surat permohonan lamaran kerja menggantikan media kertas yang ditulis lalu dikirimkan melalui jasa pengiriman (berperangko).Melalui email, kita bisa mengirim surat ke seluruh orang di Indonesia bahkan ke seluruh orang di dunia gratis tanpa dikenakan biaya sedikitpun dan pengirimannya pun hanya kurang dari 1 menit. Bayangkan perbandingan biaya dan waktu bila kita menggunakan pengiriman surat melalui surat biasa (berperangko).
Demikian gambaran sederhana tentang bagaimana cara menjalankan Internet Marketing yang merupakan salah satu metode Marketing yang mempunyai potensi sangat luar biasa dan belum terjamah banyak orang dalam rangka mempromosikan serta memasarkan produk suatu perusahaan.
Sumber : http://creativopus.com/bagaimana-cara-menjalankan-internet-marketing/